Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi

Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi

Sampurasun .... Rampes... walau saya bukan Dokter tapi tetep saya mau nulis tentang Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi .  Imunisasi atau vaksinasi merupakan cara yang sangat ampuh dalam menjaga beberapa jenis penyakit. 


 Bayi Mamang mengalami panas setelah imunisasi


Dengan pemberian vaksinasi melalui suntikan ataupun oral dapat menyelamatkan banyak generasi dari serangan penyakit yang membahayakan dengan meningkatkan daya tahan tubuh yang semakin kuat. Bayi yang belum bisa menerima perubahan lingkungan dikhawatirkan akan mudah terserang penyakit, apalagi bayi mamang yang pada kelahirannya sungguhmemprihatinkan dan penuh perjuangan, tapi Alhamdulillah sekarang selamat dan sehat selalu. 
 
Melalui imunisasi tingkat bahaya yang akan mengancam bayi bisa diperkecil dibandingkan dengan bayi yang tidak mengalami imunisasi. Imunisasi wajib yang dilakukan selama perkembanga bayi adalah imunisasi BCG yang tidak mengakibatkan perubahan berarti pasca penyuntikan. Imunisasi Hepatitis B akan diberikan sebanyak 3 kali dengan keluhan yang muncul nyeri dan demam ringan, meskipun keluhan ini berbeda dengan bayi lainnya. Imunisasi Polio untuk mencegah penyakit polio jarang menimbulkan efek samping. Imunisasi campak untuk penyakit campak tidak akan memberikan efek samping bagi sebagian bayi, adapun yang mungkin timbul adalah reaksi demam atau diare kata Ibu dokter cantik dan Eteh Bidan cantik.

Selanjutnya adalah imunisasi DPT yang memberikan efek samping dalam kurang nafsu makan, nyeri di area bekas suntikan, muntah dan demam.
Pemberian vaksin yang mengalami peningkatan suhu tubuh sering kali membuat anda panik, serba salah. Walaupun sebelumnya anda akan diberi tahu pasca imunisasi perubahan yang dialami oleh bayi, anda dapat meminta obat penurunan panas ke Ibu Dokter cantik atau Eteh Bidan cantik.

Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi suhu badan yang tinggi pada bayi anda pasca imunisasi :

1.  Memberikan ASI sesering mungkin karena kandungan ASI memiliki zat yang dapat menggurangi peningkatan suhu badan.
2.  Gunakan selalu alat pengukur panas termometer jangan yang lain untuk melihat perkembangan peningkatan atau penurunan suhu tubuhnya, pada umumnya kenaikan suhu badan bayi anda akan meningkat berkisar 38- 40 derajat celcius, panas badan anak anda akan menurun dengan sendirinya dalam waktu 1-2 hari. Ketika bayi anda mengalami panas melebihi 38 derajat celcius dapat diberikan obat penurun panas yang sesuai dengan anjuran dokter. Bila tidak kunjung turun dan mempunyai riwayat kejang maka dapat berkonsultasi dengan dokter untuk diberikan penangananya
3. Jangan menggunakan bedong atau selimbut tebal atau baju jaket, gunakan baju yang mudah menyerap keringat dan kompres menggunakan air hangat sehingga menurunkan resiko kejang-kejang ketimbang menggunakan air dingin.
4.  Memberikan kompresan air hangat untuk mengurangi pembengkakan pasca suntikan. Kebanyakan bayi merasa nyeri ketika bekas suntikan tersentuh sehingga membuat tidak nyaman dan berikan pijatan halus agar bayi merasa nyaman

Sumber: Tips  ini saya dapat dari Ibu Dokter cantik RSIAMutiara Hati – Pagaden dan Eteh Bidan cantik Ds. Bendungan, Pagaden Barat.


Mang Yono

Author :

Sampurasun... Rampes... Saya dipanggil Mang Yono, Yono adalah nama kecil dan nama yang dikenal keluarga Saya. Sedangakn embel – embel "Mang" adalah panggilan "Om" untuk orang Sunda hehehe... Saya adalah orang yang banyak kekurangan, selalu tersenyum tapi mudah terharu. Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Mengatasi Panas Pada Bayi Setelah Imunisasi .
Share Artikel

Artikel Terkait

58 komentar

saya yang pertama...selanjutnya siapa?

ternyata air dingin itk mengompres balita bukan air dingin yah mang
saya baru kali ini tahu.......ok deh saya terapkan jika dah ada momongan :D

Makasih infonya mang, mamang memang top markotop. ini harus disimak oleh orang tua muda dan calon orang tua

Makasih mang infonya .. :D BElum punya anak .. :D

baru diimunisasi ya Mang putranya? Moga lekas pulih ya...
ada 1 lagi cara yang agak kontroversial Mang (kata dokter nyentrik teman saya) yaitu bayi tetep dimandikan. biasanya kalau demam trus nggak dimandikan, dilap-lap saja, tapi katanya dimandikan lbh bagus, selain menurunkan demam juga memperkuat syaraf-syaraf....ini sudah tuuuuuuuut tanda imsa....sudah dulu ya Mang...

owh gitu ya mang :) makasih buat infonya ya :)

terima kasih infonya mang

tips ini nanti mau aku pakai setelah punya momongan

itu di poto anaknya umur berapa mang?

maaf baru bisa berkunjung lagi

di daerah aku ngak ada sinyal

alhamdulillah mang. semoga sehat selalu anak dan istri. anak kedua sy udah gak imunisasi, udah selese, kali. dan setiap panas istri biasa pakai obat herbal/obat dosis rendah

ngantri yang tertib heheeh

kata doketr bagusan air hangat... silahkan..

iya mas, supaya ndak panikkalau ada reaksi panas pada bayi

macama.. nanti kalau sudah punya anak aja mas

itu poto setahun yang lalau, mbak... sekarang imunisasinya sudah selesai terakhir imunisasi Campak.. tapi ndak tega ya kalau demam di mandikan, paling dilap - lap saja....

makanya cepet - cepet nikah dong, Non...eheheheh

itu tuh ada tanggalnya 25-6-2012... berarti setahun yang lalu, Non..

makanya bikin BTS sendiri saja, Non.. heheheeh

Amiin... anak saya juga udah selesai imunisasinya mas... ini setahun yang lalu..

bayi nya lucu mang, anak nya ya

wah ini info yang banyak dibutuhkan mang, karen memnag biasanya balita klao abis di imun panas, makasih mang infonya

Terima kasih Mang Tipsnya, hebat si Mamang bisa sempat2nya membagi tips2 seperti ini. Biasanya ibu2 yang suka seperti ini.

Makanya jangan kaget Kang, kalau anaknya panas kalau habis imunisasi..

Alhamdulillaah.., semoga menjadi anak yang sehat...

Iya mas, biasanya orang tua bingung dan kaget kalau anaknya panas setelah imunisasi

Hehe kebetulan istrisaya bukan seorang bloger hehe. Dan kebetulan saya ikut pas konsultasinya dengan dokter cantik serta bidan cantik hehe

masak kalah sama bebek ya mang .. he he

Kalau mamang demam dilap juga gak ?

jadi kaya anteri sembako Mang,,,

Pasti mamang konsultasi juga ya ?

imsyak telah tiba Mang

saya ikut ngantri mang mudah-mudahan masih kebagian yah...

kalau suam-suam kuku bagus nggak mang?

mirip siapa mang? lucu banget hehe...

pasti mamang sering konsultasi yah soalnya donternya cantik tuh hehe...

Kalau udah gede masih boleh nggak mang di imunisasi, soalnya dokternya cantik yah mang hehe...

untung bayinya mirip ibuna, coba kalau mirip mamang...hadeuh...?!

sumberna kenalin kesayah atuh mang, ibu dokternya boleh, eteh bidannya juga teu sawios-lah...hehehe
kudunya ada poto sumber na atuh mang...beh seruh

bayi mamang tuh maksudnya anaknya mamang apa mamang waktu masih bayi
haha

malah foto ibu dokternya yg dicari? hihi kumaha si amang teh:D

Nanti dah sumbernya saya tampilkan di postingan yang akan datang. Oke kang

ntar mamang yang garap proyeknya ... he he

hihihi.. apa gak bu dokternya saja yang di imunisasi mas :D

wah ini masukan buat saya juga, kelak kalo udah punya bayi :D

sangat ditunggu, awas jangan gambar model yang kemaren lagi yah...;o)

mang udah masuk ke blog komunitas KPK belum? kalau belum ditunggu disana yah, ada yang seksi seksi loh...hehehe

wah belum punya anak sih :D tapi bermanfaat kalo udah gede dan udah punya anak :D wkwkwkw

tuh foto ccunya ato putranya Mang, ato putra tetangganya hehehe... thanks tipsnya mang... maaf mang jd jrg kunjung ke sinihehhee.. met berpuasa mang..

daptar ke blog nya belum kang, caranya kumaha? ...

euleuh euleuh ckckckck

Anak dari istri mamang tentunya hehehee

dan punya istri tentunya ya mas heheheeh

semoga cepet gede dan punya keluarga ya... xixixi

anak dari istri saya tentunya, ganteng kan eheheh...

lagi sibuk ya kang, bentar lagi liburan kan...

terimakasih dan selamat berpuasa juga buat kang Budi

makasih infonya
nanti saya coba kalau sudah punya momongan
hehehe

silahkan... semoga bermanfaat


- Tidak Boleh pasang link aktif dan ngiklan di komentar
- Dilarang komentar berbau por+no, berbau ke2rasan, berbau kemenyan