Bandrek Minuman Khas Sunda

Bandrek Minuman Khas Sunda

Bandrek Minuman Khas Sunda 

Sampurasun.... Rampess... Masih berkaitan dengan minuman khas sunda, setelah kemarin mamang menulis tentang  Bajigur minuman khas sunda  kali ini adalah minuman “ Bandrek ” minuman ini  cocok dihidangkan pada saat-saat yang dingin, seperti di kala hujan, malam hari ataupun sambil  paling asik bakar jagung . Bandrek bahan dasarnya yang paling penting adalah jahe dan gula merah



Tapi di daerah-daerah tertentu di Indonesia, ada yang menambahkan rempah - rempah tersendiri agar hangatnya lebih terasa dan jreng hehehe, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung jangan telur ayam kota kwkwkw dan  Susu bisa ditambahkan juga, tergantung dari selera sobat. Banyak orang percaya khasiat bandrek untuk menyembuhkan penyakit ringan, seperti sakit tenggorokan dan flu atu pun bisa untuk yang lagi jomlo hohohoho (ngawur ah si Amang).



Bandrek Minuman Khas Sunda
        
"Bandrek berkhasiat karena minuman ini bisa menghangatkan badan, mencegah masuk angin, melancarkan peredaran darah dan menjaga stamina tubuh." 
  
.Ini Mamang kasih resepnya, catat yah.


Bahan Bandrek  yang harus disediakan atau harus dibeli, minta ketetangga juga tidak apa - apa tapi ingat nanti kalau sudah mateng kasih tetangganya eheheh :

Bahan - Bahan
  • 1 Liter  air
  • 200 gram gula merah atau gula aren, diiris halus
  • 100 gram jahe dibakar dulu terus memarkan
  • 5 cm kayumanis
  • 2 lembar daun pandan
  • 5 butir buah cengkeh
  • 1/2 sendok teh garam 
Cara Membuat Bandreknya kurang lebih seperti ini : 


-  Rebus 1 Liter air, 2 lembar daun pandan, gula merah atau gula aren, jahe yang sudah dimemarkan, 5 cm kayumanis, 5 butir cengkeh dan ½ sendok garam sampai mendidih dan beraroma. 

- Saring. Sajikan selagi hangat, ini untuk 3 porsi.

Terimakasih anda sudah membaca tentang  Bandrek minuman khas sunda semoga bermanfaat dan bisa dipraktekan ditempat anda hehehe

Mang Yono

Author :

Sampurasun... Rampes... Saya dipanggil Mang Yono, Yono adalah nama kecil dan nama yang dikenal keluarga Saya. Sedangakn embel – embel "Mang" adalah panggilan "Om" untuk orang Sunda hehehe... Saya adalah orang yang banyak kekurangan, selalu tersenyum tapi mudah terharu. Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Bandrek Minuman Khas Sunda .
Share Artikel

Artikel Terkait

53 komentar

Pertamax dulu sebelum lanjut

saya lagi sakit tenggorokan kayanya mau flu ni..pesen bandreknya mang..tambah pake coklat ya...pesen juga durian dan bajigurnya..hahah bisa mabok aku makan kaya gini bareng2 haa

kalau di blog ini pertamaxnya gampang hehheheh..

siap bu guru, alamatnya dimana? hahahah borongan hihihi

kalau sakit tenggorokan gampang Mbak, pake biji kedondong terus di ikat , ditelen, ditarik ulur hehehehe * ngawur lagi *

kulit duren yang kecil ditelan juga boleh

kalau pake ayam kampun bisa menambah greng ya mang?katanya sih begitu

mas Agus, nah itu lebih mantap dan cepat reaksinya hehehehe

iya betul sekali mas... dijamin 3 hari 3 malam, anti lelet heheheh *iklan*

klw yg namanya bandrek saya pernah sekali minum. kebetulan saya ada temen yg punya saudara di bandung.
ternyata enak, anget di badan setelah minum bandrek

iya mbak, minuman ini mempunyai khasiat lebih bila dibandingkan dengan bajigur.... yang instan tinggal seduh berbentuk serbuk juga sudah banyak di jual.. tapi lebih asik lagi bikinan sendiri...

kalau bajigur sudah sering minum, bandrek ini belum

harus dicoba ini gan... bandrek ini banyak khasiatnya

waduh enak banget nih , kmren bajigur skrng bandreekk , kirimin lah mamang biar anget nya kerasa sampe sini :D

iya mas ... mantap.... biar greeng hehehe.... siap nanti mang kirim

mang, ini di surabaya juga ada lhoo...

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Wah Belajar tentang sunda di blognya mangyono nih

kalau di malang yang ada wedang jahe sob untuk menghangatkan badan

hahaha,3 hari 3 malam bisa2 masuk icu mang

Oh ada, tapi namanya mungkin lain ya mbak

Iya mantap surantap, selamat mencoba

Iya silahkan mas.. Tanpa biaya hehe

Wedang jahe sama bandrek sama sob. Cuman lain tambahan rempah2 saja.

plus ada telor ayam kampung itu yg bikin melek 3 hari

Haha betul tuh kata mas agus.. Hehe

kunjungan malam sambil menikmatti wedang bandrek dimari kang

di surabaya yg bkin bapakku hahaaa... aku sering bkin minuman ini sm bapak d rmh, bedanya ga pake garam bang.. tp pas tak tny ini minuman apa pak namanya, jwbnya ga tau pokonya bkin.. taunya dr sini nmanya bandrek, bandrek kalo d sby artinya ngerapel lho mang..

terimakasih kunjungannya.... silahkan mantep dingin - dingin begini minum wedang bandrek...

mbak ... ooooalah ternyata hehehe.... mungkin namanya wedang jahe sama sih, di Jakarta juga namanya sekuteng cuma bedanya campuran tambahannya saja..... ooooh bandrek di surabaya ngerapel.. kemarin posting bajigur katanya di jogja jadi umpatan halus asal kata bajingan hehehe memang Indonesia berbeda2 tapi satu tujuan hehe

namanya wedang pokak kalau gak salah mang

Hmm..kayaknya malam dingin2 gini wuenak yah bandrek..hhe

salam hangat kang :)

pas...nih kalo ada yang ngantar aja....enakkk banget mang :)

cepat .... cepat ... cepat greeeng hahahha

0oooh lain daerah lain ya mas namanya..

hahaha bisa juga begitu mas hehee

iya betul sob.... pass mantap.. terimakasih kunjungannya
Salam bandrek heheheh

mas budi siiip nanti saya kirim hehehehe.... lebih mantap bikin sendiri mas, biar sesuai selera, pakai telur ayam kampung biar greeng hehehehe

ntar dicoba ah,, baca resepnya jadi kepengen buat, hehehe.

silahkan mbak, minuman ini disamping enak berkhasiat pula untuk mengobati flu, mencegah masuk angin.

kalau disini namanya wedang jahe mang, bandrek tuh, adanya pas malam2 jam2 10an keatas, enak tuh apalgi udara dingin sambil minum wedang, plus rokok ngobrol2 sampe pagi bareng teman2 di lesehan. sedap

lain daerah lain nama, tapi satu tujuan yaitu minuman hangat hehe... iya betul mas dimas, mantap tuh kalau diminum rame2 bareng teman2... sedap ... mantap

mampir malam gan sambil medang dimari :D

boleh minta gak pak Minuman Bandrex nya xixiii... :)

terimakasih gan sudah mampir dimari.....

boleh pak , ambil kemari, cocok buat malam - malam yang dingin hihihihi

mantap mang resepnya, belom pernah nyoba nih

Mantap mang bisa sekalian jualan tuh haha...

Yang pasti bisa menyembuhkan rasa dahaga Mang. hehe

sip... buat tambah - tambah hehe

di Brebes namanya Wedang Jahe... cuma jarang yg pake cengkeh. cara ngraciknya sama.

Mangstappppp...


- Tidak Boleh pasang link aktif dan ngiklan di komentar
- Dilarang komentar berbau por+no, berbau ke2rasan, berbau kemenyan