--> Skip to main content

Tanaman Pohon Hanjuang

Sampurasun … Rampes ….      

Tanaman hias berdaun hijau atau ada yang berdaun merah juga dikenal dengan nama andong dalam bahasa Jawa. Secara harfiah maupun filosofis, nama hanjuang sendiri memiliki makna sebagai pembatas ruangan.

Daun tanaman ini memiliki kemampuan anti bakterial sehingga memiliki kemampuan menyerap racun yang sangat tinggi. Diantaranya yang paling banyak ia serap adalah racun dari jenis formaldehid yang bersumber dari lem atau eternit di plafon rumah sehingga cocok di letakkan sebagai tanaman indoor.

Tanaman Pohon Hanjuang
Tanaman Pohon Hanjuang  sebagai pembatas Blok sawah
Saya pernah baca juga tentang tanaman Hanjuang Hijau ini, Tanaman ini adalah tanaman Hias yang tembus Ekspor ke manca Negara seperti Korea, Cina dan Malaysia, entah apa keistimewaan dari tanaman ini , padahal saya menanam tanaman Hanjuang hijau ini sebagai Tiang Penopang Tanaman Buah Naga saya yang saya tanam di halaman depan Rumah saya, bahkan kalau di kampung saya tanaman yang satu ini paling banyak ditanam di sawah yaitu dipematang sawah sebagai pembatas Blok – blok sawah atau sebagai pembatas Pekarangan.

Katanya juga tanaman ini bagus ditanam disawah sebagai pengusir Tikus, katanya sih, percaya atau tidak percaya itu terserah anda hehehe.

Kalau menurut Mitos, tanaman hanjuang ini adalah tanaman pembawa rezeki, tapi menurut saya semua tanaman itu bagus asal ditanam sesuai tempatnya, asal jangan menanam tanaman di tengah pintu saja, karena akan menghalangi orang yang mau lewat hehe.

Tanaman hanjuang ini pohonnya  tidak bercabang, untuk menanamnya saja sangat mudah kalau yang penasaran untuk menanamnya silahkan baca di postingan saya di Blog Mang Yono sebelumnya tentang manfaat dan khasiat serta cara budidaya dari tanaman hanjuang.

Sedikit ada tambahan dari saya, Tanaman hanjuang bisa tumbuh dengan mediat tanam air seperti Tanaman Pohon Suji batang atau pohonnya juga hampir mirip dengan batang pohon Suji, jadi tidak usah menggunakan media tanam tanah atau sejenisnya, caranya cukup mudah.

Pertama potong pohon hanjuang kira kira 2o cm atau bias lebih, boleh dibuang daunnya atau dibiarkan.

Nah, selanjutnya ambil media pot yang bagian bawahnya tidak berlubang, kalau berlubang nanti airnya abis loh eheheh, medianya bias menggunakan Kendi dari tanah liat atau media lainnya.

Media tersebut isi dengan air, cukup ¾ saja ya, jangan sampai penuh

Masukan pohon hanjuang tersebut dengan posisi bagian batang bawah kebawah dan batang atas ke atas, jangan sampai terbalik ya heheeh.

Buat penyangga antara pohon hanjuang dengan bibir Media, supaya tidak goyang – goyang.

Selesai dah, letakan tanaman tersebut di meja, awas jangan didalam lemari pakaian apalagi lemari pendingin…. #Semprul heheheh.




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments