Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi

Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi

Sampurasun ... Rampes... Hari minggu sudah menjadi kebiasaan bagi saya untuk bersih bersih disekitar rumah dan taman depan rumah, dari pangkas - memangkas cabang pohon bunga, pangkas rumput, kuras kolam mungil dan nyapu – nyapu halaman rumah yang tentunya punya sendiri bukan punya tetangga hehehe,.... termasuk memotong daun bunga atau tanaman yang kurang berguna.

Lagi asik, eh ada seorang bapak – bapak tetangga menghampiri saya.
“ mang, itu daun pandan yang dipotong mau di buang ya?.
dan saya jawab “ ya. memangnya kenapa dengan daun pandan ini?
“ Dari pada dibuang mending buat Abah saja, bagai mana?.
“ Boleh Bah, memangnya buat apa?. Tanya saya penasaran.
“Banyak KhasiatDan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi tuh, selain untuk pengharum masakan , untuk Obat juga bisa, yaitu Obat untuk:


Ini pandan wangi mamang yang ditanam deket kolam mungil, dengan tinggi pohon 2,5 meter, panjang lembaran daunnya 1,5 meter, setelah daun - daunnya sedikit di pangkas

 Obat Lemah Syahwat  cara meramunya ambil 3 lembar daun pandan , kalau daun pandan yang punya mamang mungkin cukup setengah lembar saja karena lembaran daunnya panjang, sampai kira – kira 1,5 meter.dicuci bersih dan diiris tipis-tipis. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas air saja. Setelah air rebusan dingin, minum pagi dan sore sama banyak.

Obat Ketombe, 2-5 lembar daun pandan dicuci bersih kemudian diiris kecil-kecil. Tumbuk daun sampai halus dan gunakan hasil tumbukan untuk mengusap-usap kulit kepala.
Dan masih banyak lagi khasiat daun pandan itu”
 Pohon pandan ini mamang tanam sudah 9 tahun yang lalu, Kalau sudah banyak orang yang tahu khasiat dari pohon yang satu ini, pasti banyak diburu daun ini, apa lagi pas bulan puasa Ramadhan, tahun lalu saja daun pandan mamang sampai botak ...

Nah sobat mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, terutama kaum Hawa karena sering memanfaatkan daunnya sebagai bumbu pengharum masakan terutama pada kolak. 

Pandan atau Pandan Wangi merupakan perdu tahunan dengan bentuk batang bulat dan mampu tumbuh sampai 2 -3 Meter . 

Daun tanaman ini merupakan daun tunggal, duduk dengan pangkal memeluk batang dan tersusun tiga helai pada batang secara spiral. 

Daun pandan berbentuk seperti pedang, dengan warna Hijau sampai Hijau Tua dan panjangnya 1 – 2 Meter. 

Pada umumnya daun pandan dimanfaatkan sebagai rempah untuk memberikan aroma harum pada masakan terutama kolak – kolak  pas bulan puasa. Waduh baru teringat mamang, bulan puasa tahun lalu juga, pohon pandan mamang daunnya gundul, banyak tetangga yang minta. Tapi ndak apa lah kan yang minta suka ngasih ke mamang masakannya hehehe....

Terimakasih sobat sudah membaca Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi, silahkan baca juga Manfaat dan khasiat dari daun suji, semoga bermanfaat
Mang Yono

Author :

Sampurasun... Rampes... Saya dipanggil Mang Yono, Yono adalah nama kecil dan nama yang dikenal keluarga Saya. Sedangakn embel – embel "Mang" adalah panggilan "Om" untuk orang Sunda hehehe... Saya adalah orang yang banyak kekurangan, selalu tersenyum tapi mudah terharu. Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Khasiat Dan Manfaat Dari Daun Pandan Wangi.
Share Artikel

Artikel Terkait

81 komentar

paling asik kalau masak nasi pake daun pandan c wangiiii abiezz

sy mau ah praktekin resep pertama itu kang. permasalahan kebanyakan bapak2 yg udah beranak dua kayak sy.

kirain sy yg pertama komentar, ternyata ada yg lebih cepet, padahal pas muncul di gugel ples, langsung ke tkp, langsung komentar, eh keduluan juga. (tepok jidat)

Udah keduluan sama yang diatas, padahal lagi online keliling2 cari pertamax, hwe

Baru tahu ane mang kalau tanaman ini bisa buat obat ketombe, kebetulan rambut ane yang panjang kayak giring nidji versi jadul ada sedikit ketombe-nya, jadi moment nya pas untuk dicoba...

ternyata banyak sekali manfaatnya, kalau di tempat saya, biasanya digunakan untuk campuran kolak :)

terima kasih atas infonya

mampir subuh mau ngajak janjian, besok kita saur bareng...kebetulan saya punya kolek pisang ngga pake pandan tapinya

wah, bersyukur saya punya temen Mamng, jadi tau manfaat lain dari daun pandan wangi...hahaha.

kebetulan di belakang rumah saya banyak pohon pandan wangi, sampai bersemak banget, ngeri karena dekat parit, suka ada biawak sembunyi di dekatnya. maklum, dekat hutan

ada satu lagi kisah unik. suatu hari, rumah kami beraroma wangi kayak pandan,kami keliling, nggak ada yang lagi masak kue atau kolak...pikiran jadi kemana-mana, ada bau kok nggak ada wujud...eh tiba-tiba ada yang "glodak glogak" di atap rumah...ternyata seekor musang jalan-jalan di situ...
musang baunya memang mirip pandan.

iya ya, makanya ada beras yang bermerek pandan wangi

sekarang di tempat saya baru adzan

tuh kan, selisih menitnya banyak banget...

kalo bis untuk ketombe..ntar mau bikin shampoo dengan aroma pandan wangi .. :-)

tapi tidak ada pandan wangi yang bermerek beras :-)

Daun pandan sudah menjadi teman sejati dari kuliner asli Indonesia maupun dunia...
Ayo budayakan pandan di halaman rumah... :)

ternyata bisa buat atasi ketombe,,,,,,

daun pandan biasanya makq
buat campuran masak kolak,,,,,

wah saya baru tahu khasiatnya disini mang, makasih ya mang infonya

kolak, mangggggg... menu wajib buka puasa, hehe...

Beras pandan wangi adalah kawin silang pohon padi dengan pohon pandan hehe

Hehe silahkan, biar greng hehe

Harusnya baca judulnya dulu hehe..

Cari pertamax harusnya di pom hahaha

Ya, silahkan di coba, semoga bermanfaat

betul, jd habis banyak makannya

mksh mang infonya, besuk bikin kolak pakai pandan biar wangi dan haruuum....yumiiiii

Itu hebatnya orang Indonesia mang ... malah ada yang lebih hebat mang, kawing silang merak sama macan

Wah ternyata banyak juga khasiat dan manfaat pandan wangi. Tapi ini bukan pandan wangi istrinya swandaru di kisah Api di Bukit Menoreh khan mang ? he he

lha kok dari pandan malah ke merk ,
mending nembak merk hampir sama aja

itu masalah gampang mas, pake aja gaya doggy nanti lak lama,
gaya doggy kan cuma mengendus - endus ya

mang yono kok dilawan , hehehe
blognya rame banget mas, saya aja belajar dari mang yono

nah ini jg salah satu manfaatnya mas

itu namanya luwak emping mbak, memang wangi baunya.
kalau luwak biasa nih badeg banget baunya, hehe

kalau khasiatnya saya malah baru tau dari mamang, di samping rumah ibu ada satu pohon pandan besar, takut juga kalau ada ulo ijonya mang, hehe
biasa di gunakan untuk kolek juga, untuk masak nasi uduk, untuk nasi kuning, dan kuwe kuwe lainnya.
kalau mamang mau mandi biar wangi bisa juga kok mandi aair pandan

@ mbak Iis... makan banyak jadi gemuk heheeh..

@ mas Isna... jadi Reog ponorogo gituh hehee

@ mas Agus... merk paten mungkin

hahaha gaya paporit mas agus ya hehehe

hahah kebalik tuh mas, saya malah muridnya mas Agus s...

apa lagi pas bulan Ramadhan, pasti makin dicari tuh daun pandan ehheeh

asik nih makan kolak pisang, nanti saya bawa daun pandannya ya kang......

kalau disini sekarang sudah dzuhur

kalau di tempat saya namanya " Careuh Bulan" mungkin bisa ya buat campuran kolak heheheh....

apalagi musang berbulu domba mas.. baunya berbahaya eheheh

silahkan pada bikin... dengan aroma baru ya...

kata bapak - bapak yang minta daun pandan ke mamang katanya bisa, mamang sih belum pernah coba, karena baru tahu kemarin.

nah kalau untuk campuran kolak itu yang paling siip..

iya mas, mamang juga baru tahu... ternyata eh ternyata ada manfaatnya...

iya betul... bentar lagi daun pandan mamang gundul eheheh

Asiik, nanti kalau sudah mateng kolaknya jangan lupa kirim kesini ya mbak ehheeh

hahaha cerita silat itu mas , tapi lucu tuh Agung Sedayu yang penakut tapi bukan pengecut eheheh

iya mas harus di bersihkan dari tunas - tunasnya yang menempel di pohonnya, biar cakep pohon pandannya, ...

hahah mandinya tengah malam ya mas heheh

pandanwangi mah nama pacar saya jaman SMA, gadis cantik, putih hidung mancung, rambutnya gimbal, anak kepala sekolah...;o)

pasti musangnya pake parfum mahal soalnya dia mau ngapel ke musang pujaan hatinya yang kebetulan tinggal disebelah...hehehe

iya mas, kalau ndak banyak-banyak, bisa gundul itu pohonnya :)

kan ada lagunya kang.. musang dimalam minggu ah.. ah.. yang dinyanyikan sama neng ine dan kang solid eheheh

haha pinter banget akang cari pacar nya... biar guru - guru ndak berani marahin ya hahaha

hahhh...lemah syahwat?
Bapak-bapak .....nih catet tips dari mang yono.
Lumayan dari pada beli obat...hahahhaha

wah .. byk jg ya mas manfaatnya, bisa nobatin ketombe juga :)

siaaap mang, entar di uplod aja ya..heheee

Saya nitip di kebun mamang saja

saya sudah terlanjut pake resep dari on klinik mbak .. wkwkwkwk

yg udah nikah mah emang layak tertawa, klao belum nikah ngomongin ini dan tertawa, dipertanyakan tuh, hahahhaha

waduh.. banyak banget mas

sudah kurus, kering lagi he

jadi tertawa tanpa sebab dan akibat he

dan lama tumbuhnya lagi

boleh mas, tapi ditandain ya, biar ndak ketuker heheh

siip dah, tak tunggu yo, mbak Iis

yang mau nyatet silahkan yang ndak nyatet juga ndak apa - apa karena bukan PR hehe

iya betul, katanya sih begitu, saya juga baru tahu dari tetangga, belum sempat di coba.. nanti dah mamang coba

tidak pakai pakaian pula

yaaah gaya kaporit saya kan yang ngaduk teh mang,

aku paling suka aroma pandan
apalagi buat kolek ada santan
ada wangi pandan
bikin segera pengen makan

buat cendol juga enak

wangi pandan
ga bisa kurusin badan
sebab jadi enak makan

aroma wangi pandan yg bikin menambah selera makan...

mas yono...klo mau cari pandan hutan sperti yg mas bilang dmn yaa,kebutan kita lagi cari daun pandan hutan yg daunya lebar dan panjang buat bikin kue!mohon untuk infonya!


- Tidak Boleh pasang link aktif dan ngiklan di komentar
- Dilarang komentar berbau por+no, berbau ke2rasan, berbau kemenyan