Cara menyambung tanaman bunga Adenium

Cara menyambung tanaman bunga Adenium

Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Sampurasun .... Rampes... Hari minggu adalah hari libur sekolah * Gayaa*, untuk mengisi kekosongan acara biasa saya isi dengan bersih – bersih halaman rumah termasuk pangkas – memangkas tanaman bunga atau pun rumput taman depan rumah sendiri, bukan rumput tetangga hehehee... 

Daripada nongkrong ndak karuan bersama party heheheeh, nah setelah beres dan waktu masih banyak, dan kebetulan ada tugas dari Guru sekolah hahahaha, langsung dah saya mencoba tehnik penyambungan pohon bunga Adenium atau istilah kerennya Kamboja Jepang heheh.. tehnik yang mamang gunakan yaitu tehnik Grafting V karena lebih gampang dan mudah dipraktekan, tehnik Grafiting V adalah cara yang paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas. 


Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Tehnik ini pernah mamang tulis juga pada waktu sebelumnya, Pohon bunga yang mamang jadikan uji coba yaitu bunga Adenium, yuk kita simak Tata cara pengerjaannya ....

Ke 1 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium


Persiapkan semua alat dan bahan seperti pisau, tali pelastik / Rapia, pelastik es mambo

Ke 2 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Pilih pohon bunga Adenium yang mau di sambung, mamang ambil pohon bunga Adenium yang bunganya  berwarna merah untuk batang bawah, sedangkan  Entress atau batang atas mamang pilih Adenium yang bunganya berwarna putih.

Ke 3 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Potong batang bawah secara horisontal, lurus, dan usahakan pemotongan sekali tebas langsung putus... wuuus.

Ke 4 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Buatlah sayatan berbentuk huruf V pada batang bawah dimulai dari tempat hasil potongan horisontal.

Ke 5 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Bagian bawah, untuk dijadikan pohon utama yaitu Adenium berwarna merah, sedangkan untuk Entrees/batang atas Adenium berwarna putih


Ke 6 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Buat potongan huruf V terbalik untuk entrees atau batang atas, kemudian potong bagian atasnya sehingga entress berukuran panjang 5-10 cm, dan terdapat beberapa ruas bakal mata tunas.


Ke 7 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium 


Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. Pastikan bahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan, tidak ada rongga.


Ke 8 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat / tali rapia, dengan hati – hati dan kuat. Setelah selesai pengikatan langsung ditutup dengan plastik es mambo atau pelastik sejenisnya

Ke 9 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Selesai dah. Mamang sengaja tehnik sambungan ini dibuat dua pada satu pohon bunga tetapi pada cabang yang berbeda, untuk menjaga kegagalan hehehe, maklum kan mamang bukan ahlinya. 

  Nah ini mamang lakukan pada hari minggu tanggal 7 Juli 2013, tinggal tunggu saja 2  atau 3 minggu setelah penyambungan, apakah berhasil atau gagal, kalau gagal ya tinggal ulangi lagi sampai berhasil hehehe..



Jangan Sesali Kegagalan Karena Kegagalan Adalah Awal Dari Keberhasilan 

Mang Yono

Author :

Sampurasun... Rampes... Saya dipanggil Mang Yono, Yono adalah nama kecil dan nama yang dikenal keluarga Saya. Sedangakn embel – embel "Mang" adalah panggilan "Om" untuk orang Sunda hehehe... Saya adalah orang yang banyak kekurangan, selalu tersenyum tapi mudah terharu. Terimakasih atas kunjungannya brother yang baru saja membaca artikel berjudul Cara menyambung tanaman bunga Adenium.
Share Artikel

Artikel Terkait

166 komentar

Patromax gak yah..?? Hhe

Wah memang hebat euy c' mamang ini bisa menyambung tanaman..

Mksh infoh nya ah.. :)

dulu pernah nyoba mang nyambungin adenium dgn cara yg seperti ini, tapi gagal eung :( gampang2 susah ternyata,
kapan2 posting teknik cara menyambung hati yg patah juga ya mang heheh (pesenan WS ini mah)

jadi ingat dulu waktu di sekolah, pelajaran biologi, suruh sambung-menyambung batang bunga :), kalau dulu ada informasi dari blog gini mungkin jadi lebih mudah :)

terima kasih sharingnya, sangat bermanfaat :)

kalau bener, berarti hobi kita sama, suka tanaman...tapi soal nyambung menyambung menjadi satu...biasanya tak minta tolong ke mantan siswa saya di SPMA...masa sih saya sendiri yang kudu repot, sementara tetangga mantan siswa sendiri...manfaatin saja, toh ilmu yang dia punya juga dapet dari saya...hihihii.

Teringat pelajaran biologi waktu sekolah saat lihat gambar-gambar cara melakukannya mang. Kalau gagal bisa dicoba lagi kan mang? istilah kerennya putus nyambung putus nyambung (kayak lagunya BBB), hahahha

#nggak nyambung

Ternyata cara menyambung tanaman bunga adenium mudah juga yah kelihatannya, tapi kalau nggak tahu tehniknya pasti nggak bakalan berhasil yah mang, hebat euy si mamang semua serba bisa... kreatip :)

atau ini disebut cara okulasi ya mang yono. walau repot, tapi kalo udah berbunga pasti hasilnya bagus, malah ada yg satu pohon tapi warna bunganya macem2.

masih infonya mang, cuma yang saya bingung, kalau plastik esm mambo dipakai jadi alat untuk nyambung adenium, lalu es mambonya diapain ? he he

patromax ... ih terang banget

talau mamang alhamdulillah berhasil terus, tapi kalau ndak di potes anak kecil, maklum banyak abg yang poto - poto di taman mamang hehehe....

nanti dah mamang posting... ndak janji loh, kang

sambil belajar, dari pada bengong mas... yup, sama - sama..

iya , ini juga pengalaman yang dulu jaman ESeMPe, sekalian mengenang masa - masa putih biru hehe

haha betul banget dan setuju kang... sekalian ngetes ya. apakah mantan siswa belajar dan menyerap ilmu dengan sungguh - sungguh ... jempol dah buat akang...

iya mas ini pelajaran jamannya seragam putih merah dan putih biru, kalau putih abu- abu teknik nya lain, menyambung hati yang patah hehe... iiih nyambung banget hehe

ya betul, yang utama harus tahu caranya dulu biar ndak nyasar hehe...

ini juga masih coba - coba, ndak tau berhasil atau tidak, tinggal nunggu 2 atau 3 minggu hehe

wah, mamang rajin bener ya...saya nggak punya tanaman bunga tuh mang, apalagi adenium...adanya tanaman jahe, kunyit, cabe, tomat, temulawak, pepaya, pohon kurma (baru saja tumbuh setelah disemai bijinya beberapa bulan lalu).

Mang, tanaman adenium kalau sudah terlalu tinggi kan nggak cantik lagi ya...batangnya ke mana-mana, bunganya jarang...ada tetangga saya yang punya...nah biar cantik, diapakan ya...

ntar kalau redup, dipompa lagi Mang.

dikenakan tarif aja Mang, kalau poto-poto di taman mamang, kan mayan buat beli pupuk...hehehehe

kalau mantan siswanya berhasil menyambung, artinya Pak Gurunya sukses dalam mengajar...

jangan luap diisi lengo gas jangan diisi pirtus

sudah pinter ngecor, pinter ngebor, pinter nanam rumput, pinter budaya, pinter nanam adenium,
cocok jadi guru saya nih

beli tanahnya juga mahal sekarang

kalau menyambung tali itu di pramuka ya

dan juga sukses bereksperimen, karena gurunya belum tahu awalnya nyuruh siswanya akhirnay baru tahu kalau menyambung tanaman itu mudah

es mambonya kan sudah di makan mas isnaeni

di stek terus biar bunganya banyak

awalnya saya sih heran dengan adenimum bunganya kok ada yangputih, merah, hijau, ungu, merah muda, biru...setelah saya tanya orangnya eh ternyata bunga plastik, hehe
bukan kok mang ternyata bunganya di stek seperti langkahnya mang yono, saya pernha men stek mangga tapi tidak berhasil karena aras-arasen, atau males bereksperimen, hehe

haha kalau di isi pirtus nanti mbeledug seperti petasan bambu hehehe

tapi belum pernah naik kereta api mas hehehe...

heheh ndak tega ah , mbak ,,, nanti malah dikira pelit heheh

iya mas , serba mahal

kalu guru kan begitu mas, ndak mau duluan, nanti muridnya malah ndak mikir... betul tidak ... hehehe

nah itu nama kerennya okulasi... dari kemarin tak mikir - mikir apa gituh hehehe... iya betul mas satu pohon bisa di okulasi macem - macam warnya, tapi tentunya satu jenis dengan pohon utamanya.

betul tuh kata mas agus, sebelum dipakai dimakan dulu, tapi kalau pas puasa ya di kasih anak mas Isna aja hehe

kalau sudah tinggi pohon adenium ya di potong aja pada cabang pertama, nanti tumbuhnya bagus berbunga banyak dan bonggol batangnya makin besar, atau juga betul tuh kata mas agus di stek saja / disambung biar bunganya bermacam macam warnanya ada hijau, kuning, biru ...

iya mas, banyak tuh adenium yang dari pelastik, ...

kalau stek mangga harus kenceng ngikatnya mas, bila perlu pakai karet ban dalem motor, karena getahnya kalau ndak kencang bisa menghambat perekatan antara entrees/batang atas dengan batang bawah, cuma itu yang saya tau.

Jangan dikasih saya, nanti batal puasanya he he

diposting dong mang, teknik menyambung hati yang patah .. he he

Kalau batang atas sama batang bawah beda tanaman bisa gak ? Misalnya bawahnya duren, atasnya nangka atau mangga .. he he
Tapi sekali2 patut dicoba tuh mang, siapa tahu nanti jadi varietas baru

buat nanti malam saja ya mas, simpandulu di kulkas heheh

nah kalau itu belum pernah mas, tapi denger denger ada yang bisa mas tapi pohon kelapa dengan pohon singkong jadinya Getuk heheheeh

mesti dicoba nih cara ini,dapat ilmu baru tentang cangkok tanaman buat hiasan rumah hehehe... :D

kulkasnya rusak...hehee

hahhahaa.....bagus mang itu tinggal makan

ya sayang sekali bungaku udah pada mati karena tdk terawat, mksh infonya mang...

meriah euy *lempar petasan*

pasti mamang berguru sama uut permatasari sama inul, iya khan?

mamang pengalaman tuh urusan sambung menyambung

ga ahli ngurusin beginian mang.. kalo resep masakan ada mang?

emang punya petasan?

saya lempar panci...

sangat berpengalaman sekali.

guru ladang tepatnya..

ada. apa seh yang nggak ada di Mamang...

saya selalu gagal Mang kalau mau nyambung bunga adenium.

sekarang saya lagi mbentuk bongsai. *bukan barong sai loh..

mantap pak hehehe... bisa belajar cara menyambung bunga nih xixiii... mau ikutan praktek ah.... makasih bapak

ohh jadi adenium bisa juga disambung (okulasi?) begini ya Mang? selama ini saya nggak mengira sih..
OK, ini ilmu banget. isteri saya kayaknya berminat beli tanaman begini. ntar biar saya kasih tau ilmu ini. makasih.

bonsai apa Mas KS? saya ikutan tertarik nih

yang nggak ada di mamang adalah: kelemahan. nggak bakalan ditemukan!

udah mulai belum sekarang?

jadi, tanaman berbuah getuk, begitu?

ini lagi cerita soal getuk lindri pasti

kulkasnya udah jamuren

lemparan panci juga udah cukup bunyinya

salah. yang bener jupe

profesor bidang nyambung

tali temali perlu diajarkan kepada Mas Anas

kalo ovulasi boleh nggak?

panci kosong nyaring bunyinya

salah juga, yang betul Mpok Nori dan Mpok Laela sari haha

buat mas zac, boleh dah

nanti malam katanya.. pelastiknya masih ada es mambonya hehe

tinggal beli lagi aja, mbak ...

sama siapa mas?

resep masakan ada tuh, resep masak air. he

nah bonsai bagus juga tuh, tumbuhan yang dikerdilkan kan?

pernah sih membentuk bonsai, tapi gagal dah, gara - gara tukang pulung, pot pelastiknya di ambil, bonsainya di lempar, huh dasar tuh, padahal mahalan bonsainya daripada potnya...

bisa mas, cuma diokulasinya dengan satu jenis lagi..

nah kalau perempuan lebih telaten sepertinya

Wah, getuk itu berarti hasil okulasinya mamang ya .. he he

ovulasi itu dampak terlalu banyak makan klepon ya .. he he

hebat mamang ini..
mau bawaain bunga buat gadis sekalian sama akarnya.. ^O^ ..

saya pernah praktik tuh waktu SD.

mas anas ra nganggoo tali, tapi nganggo bendrat, tapi sidane nang wit ciplukan ... he he

berkunjung ke blognya, selamat menunaikan ibadah puasa.

kan biar bunganya awet, dan subur seiring tumbuhnya Cinta hahaha

Pasti gagal yo?

terimakasih sudah berkunjung, kalau mamang besok puasanya

nyambung menyambung menjadi satu itulah endonesia

ow gitu cara nyambung
besok aku nyoba dan mogj ga bingung
kalo masih bingung datang lagi berkunjung

bunganya cantik mirip kecubung

yuk mangan getuk
enak dan empuk

Wow... jadi teringat dengan pelajaran waktu SD dulu...
Mang Yono emang kreatif banget deh postingannya... :)

Awas!!! Ane punya tabung gas 3kg... :D
DooorrrrRR....

nyekek kuwe senengane rika ya kang Zach .. he he

Kalau dulu, teman-teman banyak yang nyari bonsai alam di wilayah perbukitan batu daerah Wonosari, kalau sekarang sudah gak boleh lagi, sudah diambili orang kampung sendiri he he

stek ya mang? mamang pinter berkebun ya

itu artis seksi kan mereka berdua

mau coba dipraktekin ya mang..

wah, dulu saya juga sering melakukan ini waktu di rumah saya masih ada bunga itu

kasak kusuk dibelakang, ada siswi yang bilang saya guru cakep loh....

ngomongin kucingnya m'ba uswah tauuuuu...

ikutan ah, tapi saya : merdeka!!!! maklum calon presiden harus nasionalis.

makan pake kerupuk
kok gak masuk-masuk

Saya juga ikutan ah biar tambah rame hehe...

wah kucingnya betah pasti hehe...

Bagus nih mang bisa menyalurkan hobby berkebun, biar nggak stres ya mang :)

dah pas nih... tariiiik piiir

hahah bendrat biar langsung di cor ya mas

pasti siswinya ndak mau ngerjakan PR tuh.. haha

nanti ya mas.... sahur dulu

jamur kuping apa jamur kucing?

pasti pohon serut ya mas... saya juga dulu pernah ke huta nyari pohon untuk bonsai

silahkan di coba
buah kecubung yang memabukan ?..hehehe

untuk mengenang masa pakai seragam putih merah hehehe

iya betul stek.... sambil belajar saja mas

silahkan... semoga berhasil

pasti pada cakep tuh bunganya mas Yogi, iya kan?

ya begitu sob, untuk mengisi kekosongan waktu dari pada bengong heheh

Sopirnya lagi ke kamar kecil

itu mah bisa-bisanya mamang biar dapat proyek .. he he

emang bisa nyambung kucing..?

pelajaran jaman sekolah dulu yang ga pernah berhasil aku lakuin
nyambung pohon pisang dengan pohon kelapa...:D

kapan" saya praktekin dech,,,,

jadinya pohon beringin kan?

lha itu, film Cat Dog.

hahaha..hih pohon serem...

emang ada kucing disambung?

sambung nyowo juga ya, tukang las juga pinter nyambung

langsung nyambung kalau bicara bendrat, kalau bicara ngecor juga langsung nyambung, huuuuuu

lha kalau nanam lombok di stek sama timun, blimbing, nanas, nanti jadi rujak dong buahnya

bonsai serut, kawis, walikukun , LO, santigi,

pengennya sih nyambung uang seribuan dengan uang sepuluh ribu, biar jadi 10 juta , bisa tidak mang?ajarin saya dong kalau bisa

hahah kan putus mas, bendrat di lindas kereta api

hehe ini juga lagi belajar pak.. silahkan semoga berhasil...

hahah kalau nolnya sudah pas kan mas, hati - hati nolnya ngegelinding heheh

mabuk bauknya

hehe

mang , kalau tomat dg cipluk an bisa disambung ga ya

artikelnya bermanfaat sob,,,thanks for share,,

belum pernah tuh... kalau tomat sama tekokak pernah nyoba dan hasinya sungguh ruarbiasa tuh buahnya gede gede dan banyak..
tapi jangan salah kebawahnya pohon tekokak keatasnya pohon tomat kalau kebalik repot tuh hehehe

berarti charles darwin dulu kebanyakan makan klepon sampe2 bisa buat teori (vulasi eh evolusi)..


- Tidak Boleh pasang link aktif dan ngiklan di komentar
- Dilarang komentar berbau por+no, berbau ke2rasan, berbau kemenyan