--> Skip to main content

Lengser Mapag Pengantin Di Gang Sempit, Kota Subang, Jawa Barat

Sampurasun.... Rampess... 

Blog Mang Yono. Ketemu lagi dengan mamang, masih seputar dunia budaya kesenian lengser dalam mapag pengantin kali ini Lengser Mapag Pengantin Di Gang Sempit Kota Subang, Jawa Barat dan di iringi rintikan hujan tapi tidak menyurutkan semangat uwa Lengser. Baca : Kecamatan Pagaden Barat, Subang

Bagi yang berminat atau ingin order Seni Galura Lengser silahkan hubungi Admin terlebih dahulu, di  Contak Us

Ini acaranya belum lama di daerah Kota Subang Jawa Barat, tanggal 12 Mei 2013 bertepatan dengan hari minggu. Lengser Mapag Pengantin Di Gang Sempit, Kota Subang, Jawa Barat.  Ini ada 4 lengser 2  lengser laki - laki dan 2 lengser perempuan.
.
Mang lengser, yang diperankan oleh Pak Ato ( Guru Sekolah MTs, SMK Mekarwangi Pagaden barat )
 
Meskipun pemeran aslinya adalah 4 laki - laki tapi mirip ya...  Ceritanya begini ...  Lengser ketemu calon besan.

Lengser yang ada dalam seni pertunjukan Sandiwara Sunda, Gending Karesmen, dan Upacara Khusus Mapag Panganten, terinspirasi dan bentuk transpormasi dari seni pertunjukan Pantun, yang penampilannya disesuaikan dengan masing-masing seni pertunjukan tersebut, khususnya perilaku penampilan yang penuh humor. Bentuk dan segala perilaku lengser, berupa tuturan dan dikisahkan oleh juru pantun yang juga memilki peranan penting dalam membentuk ‘citra’ lengser dalam pandangan masyarakat. Dalam seni pertunjukan Upacara Khusus Mapag Panganten, penampilan lengser divisualisasikan pemeranannya sehingga lengser wujudnya dapat dilihat tidaka hanya didengar. Unsur dialog adalah bahan penting dalam sandiwara Sunda, dialog yang dinyayikan dalam Gending.  


Karesmen dan visualisasi gerak tari oleh penari merak, busana dan rias, serta iringan musik yang menonjolkan karakteristik lincah, lucu, dan penuh variatif adalah unsur pokok yang menjadi daya tarik bagi penonton Upacara Khusus Mapag Panganten. Melalui interpretasi, kreativitas, dan inovasi seniman konseptor dan pelaku, lengser telah memperkaya alam pikiran manusia Sunda. Tokoh lengser senantiasa hadir berbicara atas nama imajinasi yang mewakili angan-angan dan hati nurani ‘idealnya’ manusia Sunda, yang diwujudkan dalam seni pertunjukan ini
........
Nah, biar gak penasaran silahkan tonton vidionya DISINI atau dibawah ini
...

...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments