--> Skip to main content

Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali

Sampurasun ...

Tata Cara Naik Pesawat Terbang Pertama Kali 

#Cara, Wisata. Karena Mamang beberapa waktu yang lalu berangkat ke Bangka dengan naik pesawat. 

Oke, Saatnya sharing pengalaman naik pesawat atau Tata cara naik pesawat terbang pertama kali  untuk luar negri mamang belum pernah, maklum gak ada yang ngajak . Buat yang masih ragu - ragu atau takut ketinggian. Dijamin dah, setelah baca tulisan mamang ini pasti jadi clear semua.... santai aja broow... Benerannn asli,, naik pesawat itu enak loh. Hohohoho..

Naik Pesawat Terbang Pertama Kali
 Naik Pesawat Terbang Pertama Kali


Untuk Persiapan
Pasti yang paling utama disiapkan adalah tiketnya. Jangan sampai ketinggalan yah. Pastikan juga tiketnya dilihat diraba diterawang ...heheheh .... kayak uang saja.... hehehe.

Lihat baik - baik itu tiketnya, biasanya ada tulisan nama penerbangan, flight, tanggal serta jam. 

Tiket Pesawat Terbang
 Tiket Pesawat Terbang

Kalau disitu anda melihat jam pertunjukan 15:00 teather 2, berarti anda salah membeli tiket atuh, Itu kan untuk bioskop XXI hohohoh.... Ngawur ah ci mamang.. Udah tau jugakan kalau kebandara itu minimal 1 jam udah nunggu di sana. Usahakan bawa barang sesedikit mungkin atau seperlunya, Kalau terlalu banyak, Nanti Security Bandara mengira anda mau buka lapak dan jualan di bandara.. hohohoho..

Satu lagi yang paling penting. Jangan membawa benda - benda terlarang seperti Narkoba ( bukan Nasi Roko Bala – bala)hohoho, atau jangan juga membawa benda - benda tajam seperti, bambu runcing, jarum, gunting, linggis paku hahahah atau cairan kimia, oli, solar, pertamax, minyak tanah, baygon cair, lem aibon heheheh. Kalau memang sangat - sangat dibutuhkan anda bisa bawa koper dan tentu saja itu akan dikenakan biaya tambahan apa bila melebihi 25 kg. Makanya kalau sedikit kan bisa dibawa didalam tas aja.

Tiba di Bandara
  Tiba di Bandara


Sekarang anda sudah dibandara deng.. deng... Yang penting anda harus membedakan antra bandara kedatangan dan keberangkatan yah.. Jangan sampai ketuker. Kalau anda bingung memang bingung dan ragu posisi anda dimana. Jangan ragu - ragu untuk bertanya malu bertanya sesat di bandara eheheh. Ini juga penting, lucu banget kan kalau sampai anda tersesat di bandara.

Perhatikan dengan seksama layar monitor yang berada di sekitar anda. Biasanya akan terpampang jadwal keberangkatan pesawat anda dan daerah yang dituju. Pastikan kalau tanda chek in telah dibuka, kalau belum ada tanda dibuka, ya tunggu aja sebentar lagi dengan sabar, biasanya 1 jam sebelum berangkat sudah dibuka.

X-ray scanning         
Setelah jadwal check in dibuka, maka bergegaslah anda menuju tempat check in.  Sekali lagi mamang kasih tau, kalau anda tersesat jangan ragu - ragu untuk bertanya dimana lokasi chek in anda. Biasanya sebelum masuk ketempat chek in, akan dilakukan pemeriksaan oleh petugas dengan alat yang disebut X-Ray cabbinet alat buat ngeliat apa aja sih barang yg kita bawa selama penerbangan. 

X-ray scanning
 X-ray scanning

Letakkan tas dan koper anda ditempatnya. Kalau anda sih gak mungkin lewat dari situ mana muat gan... anda akan melewati sejenis kosen pintu. Kalau tiba - tiba ternyata ada bunyi dan anda didekati oleh petugas, jangan takut dan panik, Mereka cuma melakukan prosedur keselamatan saja… selama kita masih bisa jelasin benda - benda tersebut yang menimbulkan bunyi seperti uang logam sabuk yang ada besinya atau atau batu cincin pemberian mbah heheheh. asal anda jangan bawa narkoba ya..
 Menuju Check in counter



Check in counter
Selanjutnya anda menuju tempat penukaran tiket. Silahkan lihat baik - baik, dimana tempat check in anda, harus sesuaikan dengan jadwal dan tujuan keberangkatan anda. Jangan lupa ngantri kalau main serobot bisa – bisa anda di jitak oleh penumpang lainnya.. pas giliran anda, serahkan tiket dan barang bawaan anda dan KTP untuk mencocokannya dengan tiket, jangan sekali - sekali anda menyerahkan dompet , jam tangan, handphone, kalung kepada petugas tiket nanti dikira anda mau gadaikan barang......  *Makin ngaco ah si mamang* .  
 check in
Check in

Biasanya juga,  petugasnya bakal nanya anda mau pakai cargo/bagasi gak. Nah disaat itulah anda dapat menitipkan koper besar atau barang di kardus jika anda bawa ke bagasi pesawat tanpa harus kita bawa ke dalam pesawat sendiri. Dan petugas juga akan memberikan nomer cargo/bagasi kepada anda. Setelah proses ini selesai, anda akan diberikan Nomer tempat duduk, nomer Cargo/bagasi dan juga boarding pass. Boarding pass ini berguna untuk tahapan anda selanjutnya.


Boarding Lounge.
Boarding Lounge adalah tempat yang untuk menunggu jadwal terbang anda. Sebelum anda masuk kesini, anda wajib menukarkannya dengan boarding pass  melalui tempat pembayarannya. Biasanya biayanya gak mahal. Untuk domestic sekitar 30 sampai 40 ribu rupiah ( sekarang biaya ini sudah ditiadakan, dan tempatnya juga sudah ditiadakan)
Ikutin pramugari ke Boarding Lounge ( ruang tunggu ).
  Ikutin pramugari ke Boarding Lounge ( ruang tunggu ).

 
Selanjutnya. Biasanya sebelum masuk ke ruang tunggu akan dilakukan pemeriksaan sekali lagi. tunjukkan kertas boarding tadi kepetugas ( sekarang jam tangan, cincin, gelang, sabuk, sepatu sapety harap dilepas dan dimasukan ke keranjang yang sudah disediakan untuk lewat X-ray scanning lagi)

Deng.... deng ...Sekarang sudah sampai di Boarding Lounge ( ruang tunggu ). 
Sampai dah di Boarding Lounge ( ruang tunggu ).
  Sampai dah di Boarding Lounge ( ruang tunggu ).

Untuk itu silahkan anda menghabiskan waktu dengan membaca, Facebookan, blog - blogan, Twitteran atau ngobrol. Tapi siapkan kuping anda untuk mendengarkan pemberitahuan yang disampaikan petugas mengenai keberangkatan anda.


Di Pesawat
Setelah giliran panggilan penerbangan anda, maka mantapkan langkah untuk menuju pintu/Gate sesuai dengan penerbangan anda. Anda akan dimintai untuk menunjukkan tiket anda bahkan di sebagian bandara harus menunjukan KTP atau kartu pengenal kembali  dan sekali lagi antri yang tertib ya...
Tunjukan tiket passenger yang diberikan saat chek in dan kartu pengenal bila ditanyakan.
 Tunjukan tiket passenger yang diberikan saat chek in
dan kartu pengenal bila ditanyakan.

Budayakan antri. Selanjutnya ikuti penumpang lain atau lihat intruksi petugas disekitar anda, supaya anda gak salah pesawat .... hehe..
           
Naik ke pesawat terbang
Naik ke pesawat terbang

Naik tangga pesawat dan anda akan disapa oleh pramugari yang ramah dan cantik – cantik... suit suit cihuuuy..

Masuk ke pesawat dengan tertib
 Masuk ke pesawat dengan tertib


Selanjutnya cocokkan kursi anda dengan nomer duduk yang telah diberikan pada saat check in. Letakkan tas anda pada tempat penyimpanan barang yang ada diatas tempat duduk anda. dan duduklah. Selanjutnya, anda gak perlu ngikutin intruksi dari mamang yah.. ikutin aja intruksi dari pramugarinya yang cantik heheheh, nanti pramugari bakal ngasi tau tata tertib didalam pesawat.


Cocokkan kursi dengan nomer duduk yang telah diberikan pada saat check in.

Cocokkan kursi dengan nomer duduk yang telah diberikan
pada saat check in.

Mulai dari matiin HP serta tata cara keselamatan dipesawat.. dengarkan baik - baik yah.. Jangan ditertawakan kalau pramugari melakukan gerakan - gerakan yang aneh *Emang begitu prosedurnya*  

Ikutin intruksi dari pramugari yang cantik...
 Ikutin intruksi dari pramugari yang cantik... heheheh
Pramugari ngasi tau tata tertib didalam pesawat.



Pramugari memperagakan alat keselamatan
Pramugari memperagakan alat keselamatan

Dan terakhir sebelum take off, Berdoalah.. menurut keyakinan dan kepercayaannya berdoa mulai.... hehehe belum gan hehehe...dan juga pastikan pilotnya udah didalem, bayangin kalau gak ada pilotnya kan, gimana mau terbang hehehe *yang ini beneran bercanda gan.. jangan pergi ketempat pilotnya ya hahahah… Berangkat....

Terimakasih anda sudah membaca tentang  Tata cara naik pesawat terbang pertama kali semoga bermanfaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments