--> Skip to main content

Adu Permainan Gangsing atau Pangal

 Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Hai – hai ketemu lagi dengan mamang, kali ini mamang mau nulis tentang Adu Permainan Gangsing atau Pangal setelah sebelumnya mamang nulis tentang Permainana tradisional Gatrik, Permainan Kelereng, Permainan Petak umpet.

Permainan ini kalau orang sunda bilang Panggal atau kalau ngajak main Ngadu Panggal, tapi mungkin lain daerah lain namanya, kalau ditempat sobat apa ya namanya?.  Mainan ini sangat populer bukan hanya di Indonesia tetapi diberbagai tempat didunia. Biasanya yang memainkan permainan ini adalah laki – laki kalau perempuan jarang, tapi ada juga ding....  Mainan ini cara mainnya dengan cara memutarkanya.

Adu Permainan Gangsing atau Pangal
Adu Permainan Gangsing atau Pangal

Mainan ini dibuat dari kayu yang di bentuk, dan bantuan tali kain yang dililit . Dahulu mainan ini dinikmati dengan memutarkannya dan semakin lama putaran itu berlangsung semakin bagus dan dapat diadu dengan temannya, yaitu yang paling lama berputar itu jadi pemenangnya. Permainan ini membutuhkan tenaga tambahan heheheeh,.
Sekarang mainan ini menjadi mainan adu yaitu dengan memukulkan pangal atau gangsing tersebut kegangsing temannya dan yang paling kuat pangalnya tidak pecah dan kuat srta masih bisa berputar maka dia yang menang dia jadi rajanya kedua paling kuat dinamakan patih dan yang paling lemah disebut uncle atau kutek.... Terrrrtek singkatan ledekan kepada kutek yang dari kata Puterin dong kutek hehehe

Terimakasih Anda sudah membaca Adu Permainan Gangsing atau Pangal semoga bermanfaat 


Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments